Beasiswa Ke Korea

Informasi Beasiswa Ke Korea

Korea Selatan merupakan destinasi pendidikan yang sangat menarik. Keteraturan  materi yang padat dan komprehensif menjadi nilai lebih  dari pendidikan Korea. Selain itu, beasiswa ke Korea yang ditawarkan sangat berguna bagi pelajar yang membutuhkan pendidikan berkualitas dengan dana terbatas. Biaya hidup yang besar serta biaya pendidikan per semester yang mahal menjadikan barometer bagi pelajar untuk mencari beasiswa yang tepat. Mengapa harus ke Korea? Karena melalui beasiswa pemerintah Korea maka biaya bukan menjadi prasyarat mutlak untuk mempersiapkan aplikasi beasiswa gratis. Kini saatnya memepersiapkan kebutuhan aplikasi beasiswa.

Dalam upaya melamar beasiswa biasanya disertakan berbagai macam dokumen yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing universitas yang ada yang ada. Untuk program aplikasi Pemerintah Korea terdiri dari dua jenis beasiswa yaitu undergraduate (S1) ataupun graduate (S2 dan S3). Untuk program beasiswa pemerintah, aplikasi undergraduate lebih dulu diinformasikan dan kemudian dilanjutkan dengan info aplikasi beasiswa graduate.

Saat ini aplikasi dibuka secara online melalui situs www.niied.go.kr maka formulir pendaftaran tersebut dapat diunduh secara resmi. Namun sebelum melakukan pengisian diharapkan bagi pelamar beasiswa untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.

Aplikasi Undergraduate (S1) dan Graduate (S2 dan S3)

Aplikasi NIIED seringkali dimulai di awal tahun. Aplikasi undergraduate lebih dulu dipublikasikan dan diputuskan daripada aplikasi bagi pelamar graduate (S2 dan S3). Syarat-syarat yang dibutuhkan dalam aplikasi undergraduate dengan aplikasi graduate tidak jauh berbeda.

Berikut ini langkah-langkah bagi pelamar aplikasi beasiswa pemerintah Korea melalui program NIIED.

Tahapan pertama:

Isi formulir yang sudah diunduh dari situs www.niied.go.kr .

Tahapan kedua:

Isilah formulir self introduction yang mana pelamar harus menampilkan gambaran diri dan tujuan melakukan studi khususnya terkait dengan harapan dan cita-cita yang ingin diraih melalui program NIIED ini. Selain itu jelaskan pula tentang latar belakang pendidikan da prestasi apa saja yang telah dicapai. Mengingat penilaian ini diberikan nilai 10 poin maka sangat penting untuk mempromosikan diri dengan jelas dan ringkas termasuk dalam mendeskripsikan kemampuan dan bakat yang dimiliki.

Tahapan ketiga:

Berikutnya adalah mengisi study plan yang mana perlu dijelaskan detail tentang rencana study berikut bahan tulisan yang akan diteliti di Korea. Khusus bagi pelamar graduate S2 lebih diutamakan apabila menyertakan judul tulisan secara langsung, sedangkan bagi pelamar graduate S3 lebih diharuskan untuk membuat pra-proposal mengenai bahan tulisan yang akan dikaji.

Dalam formulir aplikasi rencana studi harus dicantumkan apa saja rencana studi yang akan dilakukan sehingga batas masa waktu studi yang mendapat beasiswa dapat terlaksanakan dengan efektif. Selain itu pelamar juga harus menjelaskan secara lengkap subjek penelitian yang dibuat dalam rencana studi yang akan ditempuh.

Tahapan ke empat:

Surat rekomendasi sangat dianjurkan ketika mengajukan lamaran. Adapun surat rekomendasi ini diberikan oleh seseorang atau pihak yang berkompeten di bidangnya. Pimpinan kantor atau profesor yang terkait dengan bidang kajian bisa menjadi pemberi surat rekomendasi. Sebaiknya surat rekomendasi menjelaskan dan mempromosikan pelamar beasiswa secara objektif dan cermat. Kompetensi, kualitas dan karakteristik positif pelamar harus disertakan dalam esai yang dibuat. Dengan begitu pihak pemberi beasiswa dapat menganalisis karakter kesiapan mental dam kemampuan akademik dari pelamar beasiswa.

Tahapan kelima:

Setelah selesai menyiapkan formulir khusus untuk aplikasi beasiswa maka syarat-syarat dokumen pendidikan juga diperlukan, antara lain sebagai berikut.

  • Untuk pelamar undergraduate, ijazah pendidikan SMU yang harus disertakan dan ijazah S1/S2 bagi pelamar graduate.
  • Sertifikat TOEFL terbaru atau TOPIK (tes kemampuan berbahasa Korea).
  • Akta kelahiran yang menunjukkan bahwa pelamar bukanlah warga negara asli Korea.
  • Tulisan akademik atau jurnal yang pernah dipublikasikan.

Jika seluruh dokumen telah terpenuhi dan formulir aplikasi telah diisi maka dokumen-dokumen tersebut telah siap untuk dikirim ke universitas ataupun kedutaan besar Korea. Beberapa universitas dapat menerima pengiriman dokumen tersebut lewat e-mail dan beberapa universitas lain dapat menerima dokumen melalui pos.

Tahapan keenam:

Untuk pelamar aplikasi beasiswa S3 perlu menyiapkan praprososal penulisan yang nantinya akan diuji ketika sudah lulus seleksi beasiswa dan siap memasuki universitas di Korea.

Top

--------------------------------