Categories: Kursus

tempat-belajar-bahasa-korea

Tips Memilih Tempat Belajar Bahasa Korea

Jika mengupas tentang negara Korea memang tidak akan ada habisnya. Mulai dari gaya hidup atau lifestyle, fashion orang Korea, kebudayaan, dan tentunya musik K-Pop yang berasal dari Korea. Menjamurnya film-film, musik serta baju Korea yang masuk ke Indonesia membuat remaja dan anak muda tertarik. Mereka berusaha meniru, mempelajari dan mengikuti apa saja perkembangan musik, film, dan fashion terbaru dari Korea. Begitu juga dengan bahasa, mulai dari anak kecil, hingga dewasa kini banyak yang belajar bahasa Korea. Entah itu dengan mengikuti kursus di tempat belajar bahasa Korea atau mempelajari sendiri dari buku-buku.

Untuk mempelajari bahasa Korea memang tidak mudah, dibutuhkan ketelatenan, disiplin, juga kemauan keras untuk bisa menguasainya. Walaupun sekilas hampir mirip dengan bahasa Jepang, akan tetapi keduanya mempunyai perbedaan. Bahasa Jepang memakai 4 sistem penulisan yaitu Romaji, Katakana, Hiragana, Kanji. Sedangkan didalam bahasa Korea memakai aksara hangul, yang terdiri atas 24 huruf. Sebagian besar dari remaja mengaku bahwa mereka belajar bahasa Korea karena tertarik dengan hurufnya yang bisa dibilang unik. Namun, yang harus ditanamkan bila ingin belajar bahasa Korea adalah tentang huruf-huruf dasar (Hangul). Huruf Hangul memiliki sistem alfabet yang sederhana, tetapi sifatnya menyeluruh dan sistematis. Bahkan dunia menganggap sistem alfabet di Korea sangat ilmiah. Pemilihan kata didalam bahasa Korea ada 2 jenis, bisa menggunakan bahasa resmi (formal) dan bahasa informal (non resmi). Pada bahasa informal dipakai bila berbicara dengan sahabat atau orang yang seumuran. Sedangkan bahasa formal digunakan untuk berbicara dengan orang yang lebih dewasa atau tua. Karena ada kebudayaan di negara Korea, bahwa setiap orang harus menghormati dan menghargai orang yang lebih tua atau dewasa. Sehingga bisa dilihat, didalam percakapan orang dewasa dengan anak kecil, atau orang dewasa dengan orang tua memiliki perbedaan dalam pemilihan kata.

Jika ingin menguasai bahasa Korea lewat tempat kursus, ada beberapa tips bagaimana memilih tempat kursus bahasa Korea yang bagus dan kualitasnya bisa diandalkan yaitu :

  • Sudah memiliki hubungan dengan institusi/perusahaan di Korea. Dengan begitu kita yakin bahwa tempat kursus yang dipilih mempunyai kualitas bagus, dan bila sudah selesai pada setiap level biasanya akan diberikan gambaran dan lowongan apa saja yang ada di negara Korea.
  • Memiliki tenaga pendidik yang ahli dan berpengalaman. Hal ini sangat berpengaruh didalam pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Dengan tenaga pendidik yang bagus, kita dapat dengan mudah memahami tiap materi yang diajarkan.
  • Tempat nyaman. Suasana kelas menjadi faktor penting saat pembelajaran. Kita bisa memilih tempat kursus yang memiliki ruangan baik, sehingga nantinya akan mendukung proses belajar.

Beberapa tips diatas dapat dijadikan referensi untuk memilih tempat kursus bahasa Korea yang berkualitas dan terjamin. Walaupun belajar bahasa asing termasuk bahasa Korea membutuhkan proses dan waktu, namun bila kita gigih, semangat, dan disiplin pasti semua akan dapat dikuasai dengan mudah.

 

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Top

--------------------------------